Pada
pembuatan bisnis jasa pendidikan yang lalu saya membuat lembaga pendidikan non
formal atau yang sering disebut bimbel (bimbingan belajar) khusus untuk peserta
didik pada jenjang kelas 12 sekolah menengah atas yang bertujuan untuk
menambahkan materi pembelajaran para peserta didik untuk menghadapi uan dan
test SNMPTN.
kali
ini berbeda dengan pembuatan jasa pendidikan yang saya buat sebelumnya, pada
materi kali ini yang membahas mengenai penciptaan dan pengembangan produk jasa
pendidikan. Saya akan membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tetapi SMK ini
berbeda dengan SMK pada umumnya yang biasanya hanya terdapat jurusan otomotif,
administrasi perkantoran, tekhnologi informasi, dll. Disini saya akan membuat
Sekolah Menengah Kejuruan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wilayah
dimana sekolah ini dibuat, sebagai contoh SMK ini dibuat di wilayah pegunungan
maka materi pokok pembelajarannya adalah mengenai sistem pertanian, yang pada
intinya lulusan pada sekolah ini bertujuan agar dapat mengembangkan potensi
yang ada di wilayah tersebut. Tetapi materi-materi umum seperti matematika,
bahasa indonesia, bahasa inggris, dll, tetap diberikan sebagai bahan ajar.
Pada
penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan terdapat langkah-langkah
yang saya akan kaitkan dengan produk jasa yang akan saya buat :
1. Tahap
yang pertama dalam penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan adalah
penciptaan ide, pada tahap ini adalah tahap awal bagaimana kita melihat peluang
pasar, menentukan bergerak pada bidang jasa apa, menentukan dimana lokasi yang
tepat dan strategis, serta menentukan nama produk jasa apa yang akan kita buat,
apakah kita memakai nama produk jasa yang sudah ada dipasaran atau membuat
produk jasa yang baru.
2. Tahap
selanjutnya adalah penyaringan ide, jadi ide-ide yang sudah ada dari berbagai
sumber kemudian di seleksi sesuai dengan tujuan dan strategi apa yang ingin
dipakai dalam pembuatan produk jasa pendidikan. Disini saya akan membuat jasa
pendidikan yang baru yang belum ada dipasaran dengan nama SMK Kelautan dan
Perikanan Sinar Bahari, lokasinya berada di pesisir utara jawa tepatnya didaerah
pekalongan. Sekolah ini bergerak pada bidang sektor kelautan dan perikanan,
yang bertujuan agar hasil dari output sekolah ini dapat mengembangkan potensi
didaerah pesisir pantai, umumnya didaerah pekalongan dimana sekolah ini
didirikan.
3. Tahap
yang ketiga adalah pengembangan dan pengujian konsep, tahap ini adalah tahap
bagaimana kita menarik para konsumen. Sekolah ini didirikan didaerah
pekalongan, daerah ini adalah daerah pesisir laut jadi kebutuhannya sesuai
dengan kebutuhan masyarakat sekitar pekalongan, karena sekolah ini didirikan hanya
untuk menarik minat masyarakat disekitar pekalongan saja.
4. Tahap
yang keempat adalah pengembangan strategi pemasaran, pada tahap ini bagaimana
cara kita menentukan strategi pasar dalam memperkenalkan atau mempromosikan
produk jasa yang kita buat. jadi Cara memperkenalkan atau mempromosikan sekolah
ini saya akan membuat spanduk dan brosur-brosur di lingkungan sekitar yang ada
didaerah pekalongan, dengan memberikan informasi tentang tujuan dan bagaimana
hasil dari output nantinya di sekolah ini.
5. Tahap
selanjutnya adalah analisis usaha, tahap ini adalah tahap kita menganalisis
mengenai biaya yang kita keluarkan dengan keuntungan yang akan kita terima.
Sekolah ini akan saya kenakan biaya perbulan yaitu sekitar RP.350.000, dengan
rincian per siswa dikenakan RP.150.000/bulan untuk tenaga pengajar dan
RP.100.000/bulan untuk perawatan sarana prasaran yang ada disekolah ini, dan
biaya untuk kegiatan-kegiatan yang ada disekolah ini nantinya akan dikenakan
biaya tambahan, jadi dengan rincian tersebut saya akan memperoleh laba atau
keuntungan sebesar RP.100.000 per siswa dalam setiap bulannya.
6. Tahap
yang keenam adalah pengembangan produk, pada tahap ini adalah tahap
pengembangan produk yang telah kita konsep dan kita analisis. Jadi nantinya
sekolah ini akan menggunakan tenaga kependidikan yang minimal telah lulus D3
jurusan kelautan dan perikanan, sehingga para peserta didik setelah lulus dari
sekolah ini nanti mampu bekerja di bidang kelautan dan perikanan didaerah
pekalongan, sesuai dengan tujuan sekolah ini untuk memajukan potensi yang ada
didaerah khususnya pekalongan.
7. Tahap
yang ketujuh adalah market testing, tahap ini adalah tahap melihat pendapat
para konsumen tentang produk jasa yang kita buat. Jadi apakah sekolah yang saya
buat ini sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan dan kenginginan masyarakat
sekitar.
8. Tahap
ini adalah tahap yang terakhir yaitu komersialisasi, pada tahap ini adalah tahap
apakah produk jasa ini sudah memenuhi target atau belum. Jadi karena lembaga
pendidikan yang saya buat ini merupakan lembaga pendidikan yang baru saya buat,
oleh karena itu pengujian lembaga pendidikan ini harus dilakukan minimal dengan
kurun waktu 2-3 bulan. jika Lembaga pendidikan yang saya buat sudah memenuhi
target pasar dan memberikan laba atau keuntungan maka lembaga pendidikan ini
akan saya dilanjutkan pengembangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar