Sabtu, 20 April 2013

bisnis penciptaan dan pengembangan jasa



Pada pembuatan bisnis jasa pendidikan yang lalu saya membuat lembaga pendidikan non formal atau yang sering disebut bimbel (bimbingan belajar) khusus untuk peserta didik pada jenjang kelas 12 sekolah menengah atas yang bertujuan untuk menambahkan materi pembelajaran para peserta didik untuk menghadapi uan dan test SNMPTN.

kali ini berbeda dengan pembuatan jasa pendidikan yang saya buat sebelumnya, pada materi kali ini yang membahas mengenai penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan. Saya akan membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tetapi SMK ini berbeda dengan SMK pada umumnya yang biasanya hanya terdapat jurusan otomotif, administrasi perkantoran, tekhnologi informasi, dll. Disini saya akan membuat Sekolah Menengah Kejuruan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wilayah dimana sekolah ini dibuat, sebagai contoh SMK ini dibuat di wilayah pegunungan maka materi pokok pembelajarannya adalah mengenai sistem pertanian, yang pada intinya lulusan pada sekolah ini bertujuan agar dapat mengembangkan potensi yang ada di wilayah tersebut. Tetapi materi-materi umum seperti matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll, tetap diberikan sebagai bahan ajar.

Pada penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan terdapat langkah-langkah yang saya akan kaitkan dengan produk jasa yang akan saya buat :

1. Tahap yang pertama dalam penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan adalah penciptaan ide, pada tahap ini adalah tahap awal bagaimana kita melihat peluang pasar, menentukan bergerak pada bidang jasa apa, menentukan dimana lokasi yang tepat dan strategis, serta menentukan nama produk jasa apa yang akan kita buat, apakah kita memakai nama produk jasa yang sudah ada dipasaran atau membuat produk jasa yang baru.

2.  Tahap selanjutnya adalah penyaringan ide, jadi ide-ide yang sudah ada dari berbagai sumber kemudian di seleksi sesuai dengan tujuan dan strategi apa yang ingin dipakai dalam pembuatan produk jasa pendidikan. Disini saya akan membuat jasa pendidikan yang baru yang belum ada dipasaran dengan nama SMK Kelautan dan Perikanan Sinar Bahari, lokasinya berada di pesisir utara jawa tepatnya didaerah pekalongan. Sekolah ini bergerak pada bidang sektor kelautan dan perikanan, yang bertujuan agar hasil dari output sekolah ini dapat mengembangkan potensi didaerah pesisir pantai, umumnya didaerah pekalongan dimana sekolah ini didirikan.

3. Tahap yang ketiga adalah pengembangan dan pengujian konsep, tahap ini adalah tahap bagaimana kita menarik para konsumen. Sekolah ini didirikan didaerah pekalongan, daerah ini adalah daerah pesisir laut jadi kebutuhannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar pekalongan, karena sekolah ini didirikan hanya untuk menarik minat masyarakat disekitar pekalongan saja.

4.   Tahap yang keempat adalah pengembangan strategi pemasaran, pada tahap ini bagaimana cara kita menentukan strategi pasar dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk jasa yang kita buat. jadi Cara memperkenalkan atau mempromosikan sekolah ini saya akan membuat spanduk dan brosur-brosur di lingkungan sekitar yang ada didaerah pekalongan, dengan memberikan informasi tentang tujuan dan bagaimana hasil dari output nantinya di sekolah ini.

5. Tahap selanjutnya adalah analisis usaha, tahap ini adalah tahap kita menganalisis mengenai biaya yang kita keluarkan dengan keuntungan yang akan kita terima. Sekolah ini akan saya kenakan biaya perbulan yaitu sekitar RP.350.000, dengan rincian per siswa dikenakan RP.150.000/bulan untuk tenaga pengajar dan RP.100.000/bulan untuk perawatan sarana prasaran yang ada disekolah ini, dan biaya untuk kegiatan-kegiatan yang ada disekolah ini nantinya akan dikenakan biaya tambahan, jadi dengan rincian tersebut saya akan memperoleh laba atau keuntungan sebesar RP.100.000 per siswa dalam setiap bulannya.

6.     Tahap yang keenam adalah pengembangan produk, pada tahap ini adalah tahap pengembangan produk yang telah kita konsep dan kita analisis. Jadi nantinya sekolah ini akan menggunakan tenaga kependidikan yang minimal telah lulus D3 jurusan kelautan dan perikanan, sehingga para peserta didik setelah lulus dari sekolah ini nanti mampu bekerja di bidang kelautan dan perikanan didaerah pekalongan, sesuai dengan tujuan sekolah ini untuk memajukan potensi yang ada didaerah khususnya pekalongan.

7. Tahap yang ketujuh adalah market testing, tahap ini adalah tahap melihat pendapat para konsumen tentang produk jasa yang kita buat. Jadi apakah sekolah yang saya buat ini sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan dan kenginginan masyarakat sekitar.

8. Tahap ini adalah tahap yang terakhir yaitu komersialisasi, pada tahap ini adalah tahap apakah produk jasa ini sudah memenuhi target atau belum. Jadi karena lembaga pendidikan yang saya buat ini merupakan lembaga pendidikan yang baru saya buat, oleh karena itu pengujian lembaga pendidikan ini harus dilakukan minimal dengan kurun waktu 2-3 bulan. jika Lembaga pendidikan yang saya buat sudah memenuhi target pasar dan memberikan laba atau keuntungan maka lembaga pendidikan ini akan saya dilanjutkan pengembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar