Pada
hari senin 8 april 2013, pukul 13.30 seperti biasa dilaksanakannya kegiatan
pembelajaran dengan mata kuliah manajemen pemasaran jasa. Pada pertemuan kali
membahas mengenai penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan yang
dipresentasikan oleh kelompok 5 yang terdiri dari M.fahmi basyar, yayuk fatonah
dan septia lutfiani, terdapat satu anggota kelompok 5 yang berhalangan hadir
yaitu artha virabhuana. Pada pertemua kali ini kembali seperti pertemuan awal
dimana kelompok penyaji mempresentasikan satu-persatu didepan kelas.
Sebelum
saya menjelaskan apa itu pengertian dari penciptaan dan pengembangan produk
jasa, saya akan menjelaskan apa itu produk ? produk adalah seperangkat atribut
baik yang berwujud (barang) maupun yang tidak berwujud (jasa) yang ditawarkan
kepada pasar termasuk didalamnya masalah harga, nama baik pabrik, nama baik
toko, demi memenuhi kebutuhan konsumen. Selanjutnya mengapa sebuah perusahaan
harus melakukan penciptaan dan pengembangan produk yang akan dipasarkan karena
tujuannya agar perusahaan tersebut dapat mempertahankan eksistensinya didunia
pemasaran, maka setiap perusahaan harus membuat inovasi baru terhadap produk
yang akan dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. Pada
era saat ini konsumen lebih selektif dalam memilih suatu produk untuk memenuhi
kebutuhannya,oleh karena itu setiap perusahaan harus mampu bersaing menciptakan
produk yang baru atau inovasi-inovasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
konsumen sehingga dengan produk tersebut perusahaan dapat meraup
keuntungan/laba dan tetap eksis didunia pemasaran.
Pada
penciptaan dan pengembangan produk berkaitan dengan product planning
(perencanaan produk) yaitu kegiatan suatu perusaahan dalam menciptakan, mengembangkan,
dan memperbaruhi sebuah produk yang bertujuan untuk mendaptkan keuntungan
sebanyak-banyaknya bagi perusahaan tersebut. Terdapat beberapa ciri dalam
pembentukan suatu produk, yang pertama yaitu produk inovatif produk ini adalah produk yang benar-benar baru
diciptakan/dibuat jadi produk ini belum pernah dipasarkan sebelumnya, yang
kedua yaitu produk imitasi produk ini adalah produk baru bagi perusahaannya
akan tetapi produk tersebut sudah ada sebelumnya dipasarkan, contoh seperti
sony yang menciptakan sony xperia hp android terbaru dari sony namun android
sudah lama ada yang pasarkan oleh samsung, apple, dll. Yang ketiga adalah produk
pengganti produk ini adalah produk yang berasal dari produk yang sudah
dipasarkan sebelumnya tetapi diperbarui contohnya seperti pada motor matic
honda vario, PT. Honda Indonesia telah lama memasarkan motor matic honda vario,
akan tetapi diperbaharui kembali dengan tekhnolgi yang lebih canggih dengan
memperbarui mesinnya menggunakan sistem injeksi dan helm-in.
Didalam
penciptaan dan pengembangan produk terdapat langkah-langkah untuk menciptakan
dan mengembangkan suatu produk, antara lain :
1. Peniptaan
Ide : tahap ini bertujuan pada produk yang akan kita pasarkan menggunakan produk yang sudah ada atau membuat produk baru yang belum ada dipasaran.
2. Penyaringan
Ide : tahap ini adalah penyeleksian ide-ide yang sesuai dengan tujuan perusahaan, strategi, dan sumber daya yang tersedia.
3. Pengembangan dan Pengujian Konsep : tahap ini
adalah bagaimana perusahaan mengkonsep suatu produk yang baik dan berkualitas
sehingga dapat menarik konsumen untuk membelinya.
4. Pengembang
Strategi Pemasaran : tahap ini bagaimana cara perusahaan membuat strategi yang
efektif dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen.
5. Analisis
usaha : tahap ini bagaimana melihat apakah produk yang dipasarkan dapat memperoleh keuntungan bagi perusahaan.
6. Pengembangan
produk : tahap ini adalah pembuatan suatu produk yang telah dikonsep dan
dianalisis sebelumnya.
7. Market
testing : tahap ini adalah tahap mempelajari apakah produk tersebut sudah memenuhi target apa belum, dan juga tahap ini cara melihat pendapat konsumen
tentang produk yang dipasarkan.
8. Komersialisasi
: tahap ini adalah tahap yang terakhir, jadi tahap ini tahap marketing mix dan
untuk menilai apakah penjualan produk sudah memenuhi target atau belum.
Dalam
penciptaan dan pengembangan produk pasti akan menemui kendala-kendala yang
mungkin terjadi didalam perusahaan. Kendala-kendala tersebut seperti : yang pertama
yaitu perusahaan kekurangan ide pada penciptaan produk yang baru , yang kedua
pesaing lebih cepet menciptakan suatu produk baru, yang ketiga waktu suatu produk
yang pendek karena tren yang sering berubah-ubah dan yang keempat adalah kekurangan
modal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar