Minggu, 14 April 2013

Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa



Pada hari senin 8 april 2013, pukul 13.30 seperti biasa dilaksanakannya kegiatan pembelajaran dengan mata kuliah manajemen pemasaran jasa. Pada pertemuan kali membahas mengenai  penciptaan  dan pengembangan produk jasa pendidikan yang dipresentasikan oleh kelompok 5 yang terdiri dari M.fahmi basyar, yayuk fatonah dan septia lutfiani, terdapat satu anggota kelompok 5 yang berhalangan hadir yaitu artha virabhuana. Pada pertemua kali ini kembali seperti pertemuan awal dimana kelompok penyaji mempresentasikan satu-persatu didepan kelas.

Sebelum saya menjelaskan apa itu pengertian dari penciptaan dan pengembangan produk jasa, saya akan menjelaskan apa itu produk ? produk adalah seperangkat atribut baik yang berwujud (barang) maupun yang tidak berwujud (jasa) yang ditawarkan kepada pasar termasuk didalamnya masalah harga, nama baik pabrik, nama baik toko, demi memenuhi kebutuhan konsumen. Selanjutnya mengapa sebuah perusahaan harus melakukan penciptaan dan pengembangan produk yang akan dipasarkan karena tujuannya agar perusahaan tersebut dapat mempertahankan eksistensinya didunia pemasaran, maka setiap perusahaan harus membuat inovasi baru terhadap produk yang akan dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. Pada era saat ini konsumen lebih selektif dalam memilih suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya,oleh karena itu setiap perusahaan harus mampu bersaing menciptakan produk yang baru atau inovasi-inovasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dengan produk tersebut perusahaan dapat meraup keuntungan/laba dan tetap eksis didunia pemasaran.

Pada penciptaan dan pengembangan produk berkaitan dengan product planning (perencanaan produk) yaitu kegiatan suatu perusaahan dalam menciptakan, mengembangkan, dan memperbaruhi sebuah produk yang bertujuan untuk mendaptkan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi perusahaan tersebut. Terdapat beberapa ciri dalam pembentukan suatu produk, yang pertama yaitu produk inovatif  produk ini adalah produk yang benar-benar baru diciptakan/dibuat jadi produk ini belum pernah dipasarkan sebelumnya, yang kedua yaitu produk imitasi produk ini adalah produk baru bagi perusahaannya akan tetapi produk tersebut sudah ada sebelumnya dipasarkan, contoh seperti sony yang menciptakan sony xperia hp android terbaru dari sony namun android sudah lama ada yang pasarkan oleh samsung, apple, dll. Yang ketiga adalah produk pengganti produk ini adalah produk yang berasal dari produk yang sudah dipasarkan sebelumnya tetapi diperbarui contohnya seperti pada motor matic honda vario, PT. Honda Indonesia telah lama memasarkan motor matic honda vario, akan tetapi diperbaharui kembali dengan tekhnolgi yang lebih canggih dengan memperbarui mesinnya menggunakan sistem injeksi dan helm-in.

Didalam penciptaan dan pengembangan produk terdapat langkah-langkah untuk menciptakan dan mengembangkan suatu produk, antara lain :

1. Peniptaan Ide : tahap ini bertujuan pada produk yang akan kita pasarkan menggunakan produk yang sudah ada atau membuat produk baru yang belum ada dipasaran.
2. Penyaringan Ide : tahap ini adalah penyeleksian ide-ide yang sesuai dengan tujuan perusahaan, strategi, dan sumber daya yang tersedia.
3. Pengembangan dan Pengujian Konsep : tahap ini adalah bagaimana perusahaan mengkonsep suatu produk yang baik dan berkualitas sehingga dapat menarik konsumen   untuk membelinya.
4. Pengembang Strategi Pemasaran : tahap ini bagaimana cara perusahaan membuat strategi  yang efektif dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen.
5. Analisis usaha : tahap ini bagaimana melihat apakah produk yang dipasarkan dapat memperoleh keuntungan bagi perusahaan.
6. Pengembangan produk : tahap ini adalah pembuatan suatu produk yang telah dikonsep dan dianalisis sebelumnya.
7. Market testing : tahap ini adalah tahap mempelajari apakah produk tersebut sudah memenuhi target apa belum, dan juga tahap ini cara melihat pendapat konsumen tentang produk yang dipasarkan.
8. Komersialisasi : tahap ini adalah tahap yang terakhir, jadi tahap ini tahap marketing mix dan untuk menilai apakah penjualan produk sudah memenuhi target atau belum.

Dalam penciptaan dan pengembangan produk pasti akan menemui kendala-kendala yang mungkin terjadi didalam perusahaan. Kendala-kendala tersebut seperti : yang pertama yaitu perusahaan kekurangan ide pada penciptaan produk yang baru , yang kedua pesaing lebih cepet menciptakan suatu produk baru, yang ketiga waktu suatu produk yang pendek karena tren yang sering berubah-ubah dan yang keempat adalah kekurangan modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar