Minggu, 26 Mei 2013

Perilaku Konsumen



Universitas Negeri Jakarta, 20 mei 2013, ruang 307 daksinapati. Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dipimpin langsung oleh Pak Amril Muhammad, S.E., M.pd selaku dosen pada mata kuliah ini. Pertemuan ini merupakan pertemuan yang ke-13 dan membahas mengenai “Perilaku Konsumen” yang di presentasikan oleh kelompok 11 yng beranggotakan Dwi Sakti Nugroho, Qidham Permadi, dan Yudhi.

          Definisi dari “Perilaku Konsumen” adalah perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang ekonomi dan jasa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri konsumen itu sendiri yang di dorong oleh faktor keinginan, kebutuhan, konsep diri, dan daya beli konsumennya, sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar konsumen, faktor eksternal dapat dilihat dari segi ekonomi, sosiologis, demografi, dan IPTEK.

          Selanjutnya membahas mengenai Proses Keputusan Pembelian. Yang pertama adalah pencetus ide yaitu mengusulkan ide untuk membeli suatu produk atau jasa, yang kedua pemberi pengaruh yaitu pendapat yang mempengaruhi keputusan pembelian, yang ketiga pengambil keputusan yaitu bagaimana konsumen memutuskan dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, yang keempat pembeli dan pemakai, pembeli ialah orang yang melakukan pembelian yang sebenaranya sedangkan pemakai ialah  orang yang mengkonsumsi produka dan jasa tersebut.

          Pembahasan dilanjut mengenai Black Box Pembeli yaitu mengidentifikasikan keputusan pembelian akhir terhadap produk yang akan dibeli oleh konsumen. Black box berkaitan dengan karakterisrika pembeli dan proses pembelian, ini merupakan cara produsen untuk mengetahui perilaku konsumen karena setiap konsumen akan mempunyai selera yang berbedan terhadap suatu produk ataupun jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar