Senin,
29 april 2013 seperti biasa pada jam 13.30 digedung daksinapati
ruang 306 dilaksanakannya kegiatan perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa bersama
bapak Dr. Amril Muhammad, S.E,
M.Pd. selaku dosen pada mata kuliah tersebut. Pada pertemuan ke-10 ini membahas
mengenai kebijakan harga yang dipresentasikan oleh kelompok 8 yang terdiri dari
bertha, rolly, vivi, dan winda.
Sebelum
mengetahui lebih jauh pengertian dari kebijakan harga, kita harus mengerti apa
itu definisi dari kebijakan? Kebijakan adalah rangkaian yang menjadi dasar
rencana dalam membuat sebuah keputusan, sedangkan harga adalah nilai suatu
barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang. Jadi dapat di definisikan
kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk
jangka waktu tertentu. Terdapat 2 faktor yang berpengaruh dalam menentukan
kebijakan harga : 1. Apa yang ditinjau. Jadi maksudnya adalah sebelum
menentukan harga pada produk yang akan dipasarkan kita harus meninjau produk
yang akan dipasarkan sesuai tidak dengan harga yang ada dipasaran, 2.
Penetrasi. Maksud penetrasi disini adalah ketika perusahaan mampu melakukan
terobosan-terobosan terhadap produk yang akan dipasarkan dengan harga yang
tidak membebankan konsumen/pelanggan.
Dalam
menetapkan suatu harga kita harus melihat pesaing-pesaing kita, apakah pesaing
kita bersifat monopoli, persaingan bebas, atau oligopoli. Kebijakan harga pada
pasar monopoli adalah bebas, jadi kita bebas menentukan harga yang kita
inginkan karena produk yang kita pasarkan hanya dijual oleh satu perusahaan
saja. Selanjutnya yaitu kebijakan harga pada persaingan bebas jadi pada
kebijakan ini kita harus melihat seberapa banyak pesaing kita. Dan yang
terakhir adalah kebijakan harga pada pasar oligopoli, jadi dengan kebijakan ini
dalam menentukan harga setiap perusahaan yang sejenis harus membuat kesepakatan
dengan beberapa perusahaan lain.
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan
harga, antara lain :
A.
Faktor internal
1. strategi
bauran pemasaran dalam menentukan harga harus dikoordinasikan lebih lanjut
dengan elemen pemasaran
2. biaya
merupakan faktor yang penting agar memperoleh laba yang besar
3. tujuan
pemasaran, tujuan disini menyangkut laba yang maksimal yang mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan
4. organisasi,
ini diperlukan dalam memperoleh masukan-masukan atau pendapat dari para anggota
organisasi dalam penetapan harga
B.
Faktor eksternal
1. Sifat
dan permintaan pasar, dimana perusahaan harus memperhatikan dan memahami
bagaimana sifat pasar dan permintaan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan
2. Persaingan,
dimana perusahaan melihat pesaing yang ada dipasaran
Untuk
menentukan kebijakan harga kita harus mengetahuo metode penetapan harga,
terdapat di metode dalam penetapan harga, antara lain : 1. Pendekatan
berorientasi harga (cost pricing method) adalah pendekatan yang didasarkan pada
biaya total ditambah laba yang diinginkan, 2. Harga didasarkan pada
keseimbangan antara permintaan pasar dengan pensuplai, pendekatan ini
memposisikan konsumen sebagai bahan utama dalam penetapan harga dengan
memperkirakan nilai dari produk, 3. Harga didasarkan pada kondisi pasar yang
bersaing, pendekatan ini harga ditetapkan atas pengaruh oleh harga pesaing.
Dalam
menentukan kebijakan harga tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga harus
menciptakan nilai pada para konsumen dari suatu produk yang kita hasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar