Minggu, 05 Mei 2013

report KEBIJAKAN HARGA



Senin, 29 april 2013 seperti biasa pada jam 13.30 digedung daksinapati ruang 306 dilaksanakannya kegiatan perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa bersama bapak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. selaku dosen pada mata kuliah tersebut. Pada pertemuan ke-10 ini membahas mengenai kebijakan harga yang dipresentasikan oleh kelompok 8 yang terdiri dari bertha, rolly, vivi, dan winda.

Sebelum mengetahui lebih jauh pengertian dari kebijakan harga, kita harus mengerti apa itu definisi dari kebijakan? Kebijakan adalah rangkaian yang menjadi dasar rencana dalam membuat sebuah keputusan, sedangkan harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang. Jadi dapat di definisikan kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk jangka waktu tertentu. Terdapat 2 faktor yang berpengaruh dalam menentukan kebijakan harga : 1. Apa yang ditinjau. Jadi maksudnya adalah sebelum menentukan harga pada produk yang akan dipasarkan kita harus meninjau produk yang akan dipasarkan sesuai tidak dengan harga yang ada dipasaran, 2. Penetrasi. Maksud penetrasi disini adalah ketika perusahaan mampu melakukan terobosan-terobosan terhadap produk yang akan dipasarkan dengan harga yang tidak membebankan konsumen/pelanggan.

Dalam menetapkan suatu harga kita harus melihat pesaing-pesaing kita, apakah pesaing kita bersifat monopoli, persaingan bebas, atau oligopoli. Kebijakan harga pada pasar monopoli adalah bebas, jadi kita bebas menentukan harga yang kita inginkan karena produk yang kita pasarkan hanya dijual oleh satu perusahaan saja. Selanjutnya yaitu kebijakan harga pada persaingan bebas jadi pada kebijakan ini kita harus melihat seberapa banyak pesaing kita. Dan yang terakhir adalah kebijakan harga pada pasar oligopoli, jadi dengan kebijakan ini dalam menentukan harga setiap perusahaan yang sejenis harus membuat kesepakatan dengan beberapa perusahaan lain.

          Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga, antara lain :
A.   Faktor internal
1.  strategi bauran pemasaran dalam menentukan harga harus dikoordinasikan lebih lanjut dengan elemen pemasaran
2.     biaya merupakan faktor yang penting agar memperoleh laba yang besar
3. tujuan pemasaran, tujuan disini menyangkut laba yang maksimal yang mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
4.  organisasi, ini diperlukan dalam memperoleh masukan-masukan atau       pendapat dari para anggota organisasi dalam penetapan harga

B.   Faktor eksternal
1.  Sifat dan permintaan pasar, dimana perusahaan harus memperhatikan dan memahami bagaimana sifat pasar dan permintaan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan
2.     Persaingan, dimana perusahaan melihat pesaing yang ada dipasaran

Untuk menentukan kebijakan harga kita harus mengetahuo metode penetapan harga, terdapat di metode dalam penetapan harga, antara lain : 1. Pendekatan berorientasi harga (cost pricing method) adalah pendekatan yang didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan, 2. Harga didasarkan pada keseimbangan antara permintaan pasar dengan pensuplai, pendekatan ini memposisikan konsumen sebagai bahan utama dalam penetapan harga dengan memperkirakan nilai dari produk, 3. Harga didasarkan pada kondisi pasar yang bersaing, pendekatan ini harga ditetapkan atas pengaruh oleh harga pesaing.

Dalam menentukan kebijakan harga tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga harus menciptakan nilai pada para konsumen dari suatu produk yang kita hasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar