Minggu, 12 Mei 2013

Promosi Jasa



Universitas Negeri Jakarta, senin 6 mei 2012. Bertempat di gedung daksinapati ruang 307 seperti biasa pada pukul 13.20 dilaksanakannya kegiatan pembelajaran dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran dengan penyaji dari kelompok 9 yang terdiri dari ayu wulandari, rahmawati ramdiah, nurma jelita dan ria zulfiah. Kelompok ini membahas mengenai “Promosi Jasa”, tetapi pada pertemuan kesebelas ini tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.pd selaku dosen pada mata kuliah ini sehingga dibuat lah kelompok-kelompok kecil dan kelompok kecil ini terdapat satu mentor dari perwakilan kelompok 9 yang menjelaskan mengenai promosi jasa.

Menurut penjelasan dari mentor perwakilan kelompok 9 dapat disimpulkan bahwa Promosi adalah upaya untuk menawarkan atau memberitahukan produk yang berupa barang maupun jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Berikut ini adalah alat/cara sebuah perusahaan dalam mempromosikan produknya : Yang pertama adalah dengan menggunakan IKLAN, dimana promosi ini menggunakan media yang dibayar oleh produsen untuk mengkomunikasikan informasi mengenai produknya, media yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk adalah dengan menggunakan media elektronik mauoun media cetak . Yang Kedua adalah Promosi Penjualan, tujuan promosi ini adalah untuk menarik minat masyarakat agar lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan, sifat dari promosi ini hanya sementara dan tidak berulang, contoh dari promosi ini adalah seperti “beli 3 produk mendapatkan hadiah 1 buah piring” ataupun dengan pemotongan harga sekian persen, selanjutnya adalah langkah yang harus diambil dalam promosi penjualan yaitu : 1. Menyusun sasaran promosi, 2. Menyeleksi alat yang digunakan dalam promosi penjualan, 3. Mengembangkan program penjualan, 4. Melaksanakan promosi penjualan, 5. Melakukan evaluasi hasil promosi penjualan. Yang Ketiga adalah Publisitas, cara mempromosikan dengan metode ini dengan memplubikasikan kepada konsumen dengan media yang beragam seperti brosur, pamflet, spanduk, baliho, dll. Yang terakhir atau Keempat adalah Penjualan Personal promosi ini biasanya dilakukan oleh spg maupun sales, karena promosi ini menggunakan interaksi langsung antara penjual dan pembeli, promosi ini bisa dilakukan dimana saja bisa ditempat si penjual maupun di tempat pembeli.

Selanjutnya yaitu mengenai tujuan dari promosi itu dilakukan, terdapat beberapa tujuan mengapa suatu produk dipromosikan : 1. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, 2. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, 3. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi kemerosotan penjualan, 4. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing, 5. Membentuk citra produk dimata konsumen sesuai yang diinginkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar