Universitas
Negeri Jakarta, senin 6 mei 2012. Bertempat di gedung daksinapati ruang 307
seperti biasa pada pukul 13.20 dilaksanakannya kegiatan pembelajaran dengan
mata kuliah Manajemen Pemasaran dengan penyaji dari kelompok 9 yang terdiri
dari ayu wulandari, rahmawati ramdiah, nurma jelita dan ria zulfiah. Kelompok
ini membahas mengenai “Promosi Jasa”, tetapi pada pertemuan kesebelas ini tidak
didampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.pd selaku dosen pada mata kuliah ini
sehingga dibuat lah kelompok-kelompok kecil dan kelompok kecil ini terdapat
satu mentor dari perwakilan kelompok 9 yang menjelaskan mengenai promosi jasa.
Menurut
penjelasan dari mentor perwakilan kelompok 9 dapat disimpulkan bahwa Promosi
adalah upaya untuk menawarkan atau memberitahukan produk yang berupa barang
maupun jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Berikut ini adalah alat/cara sebuah perusahaan dalam
mempromosikan produknya : Yang pertama adalah dengan menggunakan IKLAN, dimana promosi ini menggunakan
media yang dibayar oleh produsen untuk mengkomunikasikan informasi mengenai
produknya, media yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk adalah dengan
menggunakan media elektronik mauoun media cetak . Yang Kedua adalah Promosi Penjualan, tujuan promosi ini
adalah untuk menarik minat masyarakat agar lebih tertarik dengan produk yang
ditawarkan, sifat dari promosi ini hanya sementara dan tidak berulang, contoh
dari promosi ini adalah seperti “beli 3 produk mendapatkan hadiah 1 buah piring”
ataupun dengan pemotongan harga sekian persen, selanjutnya adalah langkah yang
harus diambil dalam promosi penjualan yaitu : 1. Menyusun sasaran promosi, 2. Menyeleksi
alat yang digunakan dalam promosi penjualan, 3. Mengembangkan program
penjualan, 4. Melaksanakan promosi penjualan, 5. Melakukan evaluasi hasil
promosi penjualan. Yang Ketiga adalah Publisitas, cara mempromosikan dengan metode ini dengan
memplubikasikan kepada konsumen dengan media yang beragam seperti brosur,
pamflet, spanduk, baliho, dll. Yang terakhir atau Keempat adalah Penjualan Personal promosi ini biasanya
dilakukan oleh spg maupun sales, karena promosi ini menggunakan interaksi langsung
antara penjual dan pembeli, promosi ini bisa dilakukan dimana saja bisa
ditempat si penjual maupun di tempat pembeli.
Selanjutnya
yaitu mengenai tujuan dari promosi itu dilakukan, terdapat beberapa tujuan
mengapa suatu produk dipromosikan : 1. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan
profit, 2. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, 3.
Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi kemerosotan penjualan, 4. Membedakan
serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing, 5. Membentuk citra produk
dimata konsumen sesuai yang diinginkan,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar