Minggu, 03 Maret 2013

pertemuan ke-3



 Senin. 18 februari 2013

Analisi Lingkungan Pemasaran

Pada pertemuan ke-3 membahas mengenai analisis lingkungan pemasara yang menurut philip kotler dijelaskan bahwa analisis lingkungan pemasaran terdiri dari pelaku-pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi-transaksi dan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan dan sasaran.Terdapat dua faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. 

Lingkungan internal itu sendiri artinya pengaruh langsung yang berasal dari dalam perusaahan yang akan berpengaruh pada kinerja perusahaan secara keseluruhan, sedangakan lingkungan eksternal artinya pengaruh lingkungan yang berasal dari luar perusahaan baik yang sangat dekat dengan perusahaan maupun yang agak jauh dan secara langsung juga akan mempengarhi kegiatan perusahaan. Lingkungan ekternal memiliki dua komponen penting yaitu lingkungan eksternal mikro dan longkungan eksternal makro.

Lingkungan eksternal mikro adalah pengaruh yang berasal dari luar perusahaan yang memiliki pengaruh yang sangat dekat dengan perusahaan sehingga seluruh aktivitas yang di lakukan akan berpengaruh langsung terhadap kegiatan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang berpengarung langsung dalam lingkungan eksternal mikro, antara lain :
1.       Lingkungan persaingan : persaingan dalam perusahaan sejenis/sama
2.       Lingkungan pasar/konsumen
3.       Lingkungan pemasok/pensuplai
4.       Lingkungan penyalur/saluran distribusi

Selanjutnya yaitu lingkungan eksternal makro yang artinya kekuatan fundamental bersekala besar yang membentuk peluang dan ancaman terhada perusahaan. Dalam kekuatan lingkungan eksternal makro yang utama dan harus diperhatikan secara dini dan berkelanjutan adalah keadaan ekonomi, politik dan hukum, tekhnologi, demografi dan sosial budaya. 

Jadi dari keseluruhan analisis tentang keadaan lingkungan tersebut baik itu lingkungan internal maupun eksternal, maka marketing manajer pemasaran harus mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan kendala yang di hadapi oleh perusahaan atau lebih dikenal dengan istilah SWOT Analisis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar