Senin. 18 februari 2013
Analisi Lingkungan Pemasaran
Pada pertemuan ke-3 membahas
mengenai analisis lingkungan pemasara yang menurut philip kotler dijelaskan
bahwa analisis lingkungan pemasaran terdiri dari pelaku-pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mengembangkan
dan mempertahankan transaksi-transaksi dan hubungan yang menguntungkan dengan
pelanggan dan sasaran.Terdapat dua faktor yang mempengaruhi
lingkungan pemasaran yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Lingkungan internal itu sendiri artinya pengaruh langsung yang berasal
dari dalam perusaahan yang akan berpengaruh pada kinerja perusahaan secara
keseluruhan, sedangakan lingkungan eksternal artinya pengaruh lingkungan yang
berasal dari luar perusahaan baik yang sangat dekat dengan perusahaan maupun
yang agak jauh dan secara langsung juga akan mempengarhi kegiatan perusahaan.
Lingkungan ekternal memiliki dua komponen penting yaitu lingkungan eksternal
mikro dan longkungan eksternal makro.
Lingkungan eksternal mikro adalah pengaruh yang berasal dari luar
perusahaan yang memiliki pengaruh yang sangat dekat dengan perusahaan sehingga
seluruh aktivitas yang di lakukan akan berpengaruh langsung terhadap kegiatan
perusahaan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang berpengarung langsung dalam
lingkungan eksternal mikro, antara lain :
1.
Lingkungan
persaingan : persaingan dalam perusahaan sejenis/sama
2.
Lingkungan
pasar/konsumen
3.
Lingkungan
pemasok/pensuplai
4.
Lingkungan
penyalur/saluran distribusi
Selanjutnya yaitu lingkungan eksternal makro yang artinya kekuatan
fundamental bersekala besar yang membentuk peluang dan ancaman terhada
perusahaan. Dalam kekuatan lingkungan eksternal makro yang utama dan harus
diperhatikan secara dini dan berkelanjutan adalah keadaan ekonomi, politik dan
hukum, tekhnologi, demografi dan sosial budaya.
Jadi dari
keseluruhan analisis tentang keadaan lingkungan tersebut baik itu lingkungan
internal maupun eksternal, maka marketing manajer pemasaran harus mengetahui
apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan kendala yang di hadapi
oleh perusahaan atau lebih dikenal dengan istilah SWOT Analisis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar