senin, 4 maret 2013
TUGAS 1 : jelaskan 3 perbedaan pendekatan dalam deferensasi
pasar dan berikan contoh dalam pendidikan ?
Dalam menerapkan strategi pemasaran agar dapat bersaing,perusahaan
dapat menerapkan strategi deferensial pasar agar mampu memilih strategi
pemasaran yang efektif.
Berikut ini tiga (3) pendekatan dalam deferensial pasar
yang dapat dilakukan dalam menetapkan strategi pasar :
1.
Undifferentiated
Marketing
Ø Dalam pendekatan ini memusatkan
kepada kepuasan konsumen/pelanggan dengan cara mamproduksi barang yang berstadarisasi
serta layanan yang memuaskan.
2.
Differentiated
Markerting
Ø Pendekatan ini bertujuan untuk
menawarkan produk-pruduk yang berbeda kepada pelanggan, pendekatan ini juga
menawarkan produk atau layanan tertentu kepada setiapa segmen pasar yang di targetkan.
3.
Concentrated
Markerting
Ø Pendekatan ini memfokuskan pada satu
atau sedikit segmen pasar, dengan menggunakan pendekatan concentrated marketing
dapat mengetahui kebutuhan pasar dan dapat mendominasi pasar.
Jadi perbedaan dari tiga pendekatan tersebut adalah
undifferentiated marketing bertujuan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan
terhadap produk yang di pasarkan, sedangkan differentiated markerting hanya
bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada pelanggan, dan yang terakhir
concentrated markerting ini memofuskan pada kebutuhan pelanggan sebelum memasarkan
sebuah produk Undifferentiated Markerting.
Contoh dalam pendidikan :
Jadi jika kita ingin membuat suatu lembaga formal kita tidak
hanya memikirkan wilayah atau lokasi yang strategis dimana sekolah itu
dibangun, tetapi kita harus memiliki tenaga kependidikan/pengajar serta
fasilitas yang menunjang untuk dilaksanakannya kegiatan belajar-mengajar karena
dengan tenaga kependidikan dan fasilitas yang baik maka hasil dari output
sekolah tersebut juga akan lebih baik, karena itu yang pasti diinginkan
masyrakat/konsumen mendapatkan kepuasan seperti dalam pendekatan
Undifferentiated Marketing
TUGAS 2 : tentukan nama dan bisnis jasa pendidikan dan
tentukan pendekatan yang anda gunakan untuk menentukan segmen pasar ?
Saya akan memberi contoh jika saya mempunyai lembaga
pendidikan non formal untuk lebih
mendalami pelajaran bagi peserta didik contohnya seperti tempat les (privat)
atau bimbingan belajar. saya akan memberi nama tempat bimbingan belajar
tersebut dengan nama “dika operation”. Disini saya akan menggunakan pendekatan
Concentrated Markerting karena pendekatan ini kita dapat mengetahui kebutuhan
pasar atau kebutuhan konsumen, jadi saya akan membuat jasa pendidikan khusus
untuk peserta didik pada jenjang kelas 12 menengah atas, dikarenakan pada
jenjang tersebut peserta didik akan menempuh ujian akhir nasional (UAN) maupun
untuk mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi negri (SNMPTN). Saya hanya
akan memberikan materi ajar khususnya untuk mata pelajaran yang akan di uan kan
dan untuk mengikuti tes SNMPTN seperti matematika, bahas inggris, bahasa
indonesia dll. oleh karena itu peserta didik pada jenjang kelas 12 menengah
atas akan membutuhkan materi tambahan diluar jam pelajaran yang di dapat di
lembaga pendidikan formal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar