Minggu, 10 Maret 2013

Tugas tambahan 1 dan 2

senin, 4 maret 2013

TUGAS 1 : jelaskan 3 perbedaan pendekatan dalam deferensasi pasar dan berikan contoh dalam pendidikan ?

Dalam menerapkan strategi pemasaran agar dapat bersaing,perusahaan dapat menerapkan strategi deferensial pasar agar mampu memilih strategi pemasaran yang efektif. 
Berikut ini tiga (3) pendekatan dalam deferensial pasar yang dapat dilakukan dalam menetapkan strategi pasar :
1.      Undifferentiated Marketing
Ø  Dalam pendekatan ini memusatkan kepada kepuasan konsumen/pelanggan dengan cara mamproduksi barang yang berstadarisasi serta layanan yang memuaskan.
2.      Differentiated Markerting
Ø  Pendekatan ini bertujuan untuk menawarkan produk-pruduk yang berbeda kepada pelanggan, pendekatan ini juga menawarkan produk atau layanan tertentu kepada setiapa segmen pasar yang di targetkan.
3.      Concentrated Markerting
Ø  Pendekatan ini memfokuskan pada satu atau sedikit segmen pasar, dengan menggunakan pendekatan concentrated marketing dapat mengetahui kebutuhan pasar dan dapat mendominasi pasar.

Jadi perbedaan dari tiga pendekatan tersebut adalah undifferentiated marketing bertujuan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan terhadap produk yang di pasarkan, sedangkan differentiated markerting hanya bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada pelanggan, dan yang terakhir concentrated markerting ini memofuskan pada kebutuhan pelanggan sebelum memasarkan sebuah produk Undifferentiated Markerting.

Contoh dalam pendidikan :

Jadi jika kita ingin membuat suatu lembaga formal kita tidak hanya memikirkan wilayah atau lokasi yang strategis dimana sekolah itu dibangun, tetapi kita harus memiliki tenaga kependidikan/pengajar serta fasilitas yang menunjang untuk dilaksanakannya kegiatan belajar-mengajar karena dengan tenaga kependidikan dan fasilitas yang baik maka hasil dari output sekolah tersebut juga akan lebih baik, karena itu yang pasti diinginkan masyrakat/konsumen mendapatkan kepuasan seperti dalam pendekatan Undifferentiated Marketing

TUGAS 2 : tentukan nama dan bisnis jasa pendidikan dan tentukan pendekatan yang anda gunakan untuk menentukan segmen pasar ?

Saya akan memberi contoh jika saya mempunyai lembaga pendidikan non formal  untuk lebih mendalami pelajaran bagi peserta didik contohnya seperti tempat les (privat) atau bimbingan belajar. saya akan memberi nama tempat bimbingan belajar tersebut dengan nama “dika operation”. Disini saya akan menggunakan pendekatan Concentrated Markerting karena pendekatan ini kita dapat mengetahui kebutuhan pasar atau kebutuhan konsumen, jadi saya akan membuat jasa pendidikan khusus untuk peserta didik pada jenjang kelas 12 menengah atas, dikarenakan pada jenjang tersebut peserta didik akan menempuh ujian akhir nasional (UAN) maupun untuk mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi negri (SNMPTN). Saya hanya akan memberikan materi ajar khususnya untuk mata pelajaran yang akan di uan kan dan untuk mengikuti tes SNMPTN seperti matematika, bahas inggris, bahasa indonesia dll. oleh karena itu peserta didik pada jenjang kelas 12 menengah atas akan membutuhkan materi tambahan diluar jam pelajaran yang di dapat di lembaga pendidikan formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar