Minggu, 10 Maret 2013

reportase pertemuan ke-4

senin, 4 maret 2013

Segmentasi pasar dan targeting jasa pendidikan

Pada hari senin, 4 maret 2013, kelompok dua mempresentasikan mengenai segmentasi pasar dan targeting jasa pendidikan. Pertama saya akan akan membahas kenapa kita mempelajari segmentasi pasar dan targeting ? karena dalam pemasaran kita harus mengetahui segmen-segmen apa saja yang tepat untuk mengembangkan bisnis kita agar dapat bersaing dan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Selanjutnya masuk pada apa itu segementasi pasar dan targeting ? segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek. Perbedaan antara segmentasi pasar dan tergeting adalah segmentasi proses pemilahan sedangkan targeting proses proses pemilihan. Dalam segmentasi pasar itu sendiri bertujuan untuk memuaskan konsumen/pelanggan dalam mencari kebutuhan barang atau jasa yang diinginkan.

Berikut ini adalah bagaimana cara melihat segmentasi pasar yang efektif :

1.      Dapat diukur (measurable) : dilihat dari ukuran daya beli masyarakat atau konsumen
2.      Besar segmen (subtantial) : dilihat dari besar keuntungan dalam melayani pasar
3.      Dapat dijangkau (accessible) : dapat menjangkau dan melayani dengan baik para konsumennya
4.    Dapat dibedakan (differentiable) : secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran
5.  Dapat diambil tindakan (actionable) : bagaimana program yang efektif dan dapat menarik dan melayani para konsumen secara efektif.

Dalam Segmentasi pasar terdapat jenis-jenis variable segmentasi antara lain :

1.      Segmentasi geografi : dengan segmentasi ini, pemasar memperoleh kepastian kemana atau dimana produk ini harus dipasarkan. Sebagai contoh pemasar ingin memasarkan antar wilayah, kota, provinsi, bahkan sampai antar negara.
2.     Segmentasi Demografi : Segmentasi ini memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan
3.    Segmentasi Psikografi : Pada segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan status sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
4.    Segmentasi Tingkah Laku : Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk

Jadi evaluasi terhadap segmentasi pasar dan targeting adalah adanya pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen secara keseluruhan dan SDM, serta tujuan dan sumber daya perusahaan apakah perusahaan berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar