senin, 4 maret 2013
Segmentasi pasar dan targeting jasa pendidikan
Pada hari senin, 4 maret 2013, kelompok dua mempresentasikan
mengenai segmentasi pasar dan targeting jasa pendidikan. Pertama saya akan akan
membahas kenapa kita mempelajari segmentasi pasar dan targeting ? karena dalam
pemasaran kita harus mengetahui segmen-segmen apa saja yang tepat untuk
mengembangkan bisnis kita agar dapat bersaing dan dapat berjalan secara efektif
dan efisien.
Selanjutnya
masuk pada apa itu segementasi pasar dan targeting ? segmentasi pasar adalah
proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen
ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat
homogen dalam segala aspek. Perbedaan antara segmentasi pasar dan tergeting
adalah segmentasi proses pemilahan sedangkan targeting proses proses pemilihan.
Dalam segmentasi pasar itu sendiri bertujuan untuk memuaskan konsumen/pelanggan
dalam mencari kebutuhan barang atau jasa yang diinginkan.
Berikut
ini adalah bagaimana cara melihat segmentasi pasar yang efektif :
1.
Dapat diukur (measurable) : dilihat dari ukuran daya beli masyarakat
atau konsumen
2.
Besar segmen (subtantial) : dilihat dari besar keuntungan dalam melayani
pasar
3. Dapat dijangkau (accessible) : dapat menjangkau dan
melayani dengan baik para konsumennya
4. Dapat
dibedakan (differentiable) : secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi
tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran
5. Dapat diambil tindakan (actionable) : bagaimana
program yang efektif dan dapat menarik dan melayani para konsumen secara
efektif.
Dalam Segmentasi pasar terdapat jenis-jenis
variable segmentasi antara lain :
1. Segmentasi geografi : dengan segmentasi
ini, pemasar memperoleh kepastian kemana atau dimana produk ini harus
dipasarkan. Sebagai contoh pemasar ingin memasarkan antar wilayah, kota,
provinsi, bahkan sampai antar negara.
2. Segmentasi
Demografi : Segmentasi ini memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk
ini harus ditawarkan
3. Segmentasi
Psikografi : Pada segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok
berdasarkan status sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
4. Segmentasi
Tingkah Laku : Segmentasi tingkah laku mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk
Jadi evaluasi terhadap segmentasi pasar dan
targeting adalah adanya pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen
secara keseluruhan dan SDM, serta tujuan dan sumber daya perusahaan apakah
perusahaan berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar