Pada hari Senin 25 maret 2013 masih
sama dengan pertemuan sebelumnya pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa terdapat
diskusi yang terdiri dari beberapa kelompok-kelompok kecil yang terdapat satu
mentor perwakilan dari kelompok empat (4). Tetapi dalam kuliah kali ini tidak
dihadiri oleh bapak Dr. Amril Muhammad, SE, M.pd. selaku dosen dalam mata
kuliah ini karena berhalangan hadir. Pertemuan kali ini yang dipresentasikan
oleh kelompok tiga membahas mengenai Bauran Pemasaran Jasa.
Pertama-tama saya akan menjelaskan
apa itu pengertian dari Bauran Pemasaran Jasa ? Bauran Pemasaran Jasa adalah
alat bagi seorang pemasar yang digunakan untuk melakukan aktivitas pemasaran
agar positioning yang telah ditetapkan oleh pemasar dapat berjalan secara
efektif dan sesuai rencana. Jika pada pembahasan-pembahasan sebelumnya kita
membahas mengenai maketing mix (product,
place, price, dan promotion), namun
berbeda dengan marketing mix yang sering kita dengan dengan istilah 4P. Bauran pemasaran
jasa menggunakan beberapa variabel atau bisa disebut dengan istilah 7P
(product, price, place, promotion, people, process, dan costumer service). Agar
lebih jelas saya akan membahas variabel tersebut satu-persatu.
1. Product :
konsep keseluruhan atau rangkaian pemuas nilai yang kompleks bagi para
konsumen. Konsumen membeli jasa untuk memecahkan suatu masalah dan mereka melekatkan nilai pada jasa-jasa dalam
kaitannya dengan kemampuan jasa. Terdapat empat pengembangan produk yang dapat
dipasarkan antara lain yang pertama produk
inti yaitu produk jasa dasar yang ditawarkan, kedua produk yang diharapkan yaitu produk tambahan yang kondisinya
lebih baik sesuai dengan keinginan para konsumen, ketiga produk yang diperluas yaitu perluasan suatu produk yang berbeda
dengan produk-produk lain, utamanya dalam hal pelayanan produk tersebut kepada
konsumen dan yang terakhir atau keempat adalah
produk potensial yang sifatnya yang lebih mengembangkan suatu produk yang sudah
ada.
2. Price : dalam
bauran jasa harga (price) memiliki peranan yang sangat penting karena penetapan
harga memberikan penghasilan serta keuntungan bagi bisnis. Harga memberikan
persepsi pada kualitas jasa yang dipasarkan, sebagai contoh jika kita ingin
mendapat service jasa yang berkualitas maka harganya pun juga akan tinggi. Dalam
membuat suatu keputusan mengenai harga produk jasa seorang pemasar terlebih
dahulu harus mengetahui bahwa tujuan dari penetapan harga juga telah tercapai.
3. Place :
penentuan harga produk yang mempengaruhi citra produk terhadap konsumen yang
akan mempergunakan suatu produk jasa. Dalam hal ini lokasi dan saluran lain
yang digunakan untuk memasarkan jasa kepada konsumen adalah kunci dari
kesuksesanya dalam bauran pemasaran jasa ini.
4. Promotion :
unsur dalam bauran pemasaran jasa yang sangat penting dalam membantu memperkenalkan
produk jasa yang akan dipasarkan kepada konsumen. Promotion (promosi)
mencangkup hal-hal seperti periklanan melalui media cetak maupun media
elektronik, promosi penjulan contohnya seperti memberikan diskon kepada
konsumen, penjualan personal, word of mounth serta hubungan masyarakat.
5. People : keberhasilan
dari suatu pemasaran jasa tergantung pada sumber daya manusia yang ada dalam
produk jasa yang dipasarkan. Orang-orang yang terlibat dalam bauran pemasaran
jasa terdiri dari :
a. Contactor : orang yang berhubungan langsung kepada para konsumen
b. Modifier : orang yang sering berhubungan dengan para konsumen namun ia
tidak secara langsung bertemu kepada para konsumen
c. Influencer : orang yang terlibat dalam unsur yang ada di bauran pemasaran
jasa namun ia tidak berinteraksi langsung kepada para pelanggan
d. Insolated : orang yang tidak terlibat dalam unsur bauran pemasaran jasa
dan tidak pernah berinteraksi langsung kepada para pelanggan.
Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul serta berkualitas perlu diadakan seleksi, pelatihan, motivasi serta sumber daya yang baik.
Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul serta berkualitas perlu diadakan seleksi, pelatihan, motivasi serta sumber daya yang baik.
6. Process : gabungan
dari semua aktifitas dalam bauran pemasaran jasa. Aktifitas-aktifitas tersebut
meliputi prosedur, jadwal pekerjaaan, mekanisme, dll. Process dibedakan menjadi
2 yaitu keragaman yang berhubungan dengan adanya perubahan dari langkah-langkah
yang ditetapkan dan kompleksitas yang berhubungan dengan langkah-langkah dan
tahapan proses.
7. Costumer Service : layanan konsumen yang meliputi
aktivitas untuk memberikan kegunaan waktu dan tempat termasuk juga pelayanan
pratransaksi, saat transaksi dan paska transaksi. Terdapat empat (4) langkah dalam menyusun strategi layanan konsumen, antara lain :
a.
Mengidentifikasi layanan jasa
b.
Menetapkan tujuan layanan jasa
c.
Menetapkan strategi layanan jasa
d.
Mengimplementasikannya
Layanan kepada konsumen diberikan untuk memberikan kepuasan pada suatu produk jasa yang kita pasarkan. Apabila konsumen puas dengan jasa yang kita berikan maka perusahaan pun akan mendapatkan laba/keuntungan.
Layanan kepada konsumen diberikan untuk memberikan kepuasan pada suatu produk jasa yang kita pasarkan. Apabila konsumen puas dengan jasa yang kita berikan maka perusahaan pun akan mendapatkan laba/keuntungan.
Terakhir, membahas mengenai Penerapan bauran pemasaran jasa Perguruan Tinggi. Hal-hal yang harus
dilakukan dalam penerapan baurab pemasaran jasa perguruan tinggi adalah (1) merancang
program pendidikan, (2) strategi produk jasa perguruan tinggi, (3) strategi
penentuan harga, (4) strategi promosi dan komunikasi perguruan tinggi, (5) strategi
sumber daya manusia dan pengelolaan perguruan tinggi.
Artikelnya Baguss....
BalasHapusPada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI