Minggu, 31 Maret 2013

Bauran Pemasaran Jasa

Pada hari Senin 25 maret 2013 masih sama dengan pertemuan sebelumnya pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa terdapat diskusi yang terdiri dari beberapa kelompok-kelompok kecil yang terdapat satu mentor perwakilan dari kelompok empat (4). Tetapi dalam kuliah kali ini tidak dihadiri oleh bapak Dr. Amril Muhammad, SE, M.pd. selaku dosen dalam mata kuliah ini karena berhalangan hadir. Pertemuan kali ini yang dipresentasikan oleh kelompok tiga membahas mengenai Bauran Pemasaran Jasa.

Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu pengertian dari Bauran Pemasaran Jasa ? Bauran Pemasaran Jasa adalah alat bagi seorang pemasar yang digunakan untuk melakukan aktivitas pemasaran agar positioning yang telah ditetapkan oleh pemasar dapat berjalan secara efektif dan sesuai rencana. Jika pada pembahasan-pembahasan sebelumnya kita membahas mengenai maketing mix (product, place, price, dan promotion), namun berbeda dengan marketing mix yang sering kita dengan dengan istilah 4P. Bauran pemasaran jasa menggunakan beberapa variabel atau bisa disebut dengan istilah 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan costumer service). Agar lebih jelas saya akan membahas variabel tersebut satu-persatu.

1.   Product : konsep keseluruhan atau rangkaian pemuas nilai yang kompleks bagi para konsumen. Konsumen membeli jasa untuk memecahkan suatu masalah dan mereka  melekatkan nilai pada jasa-jasa dalam kaitannya dengan kemampuan jasa. Terdapat empat pengembangan produk yang dapat dipasarkan antara lain yang pertama produk inti yaitu produk jasa dasar yang ditawarkan, kedua produk yang diharapkan yaitu produk tambahan yang kondisinya lebih baik sesuai dengan keinginan para konsumen, ketiga produk yang diperluas yaitu perluasan suatu produk yang berbeda dengan produk-produk lain, utamanya dalam hal pelayanan produk tersebut kepada konsumen dan yang terakhir atau keempat adalah produk potensial yang sifatnya yang lebih mengembangkan suatu produk yang sudah ada.

2.   Price : dalam bauran jasa harga (price) memiliki peranan yang sangat penting karena penetapan harga memberikan penghasilan serta keuntungan bagi bisnis. Harga memberikan persepsi pada kualitas jasa yang dipasarkan, sebagai contoh jika kita ingin mendapat service jasa yang berkualitas maka harganya pun juga akan tinggi. Dalam membuat suatu keputusan mengenai harga produk jasa seorang pemasar terlebih dahulu harus mengetahui bahwa tujuan dari penetapan harga juga telah tercapai.

3.  Place : penentuan harga produk yang mempengaruhi citra produk terhadap konsumen yang akan mempergunakan suatu produk jasa. Dalam hal ini lokasi dan saluran lain yang digunakan untuk memasarkan jasa kepada konsumen adalah kunci dari kesuksesanya dalam bauran pemasaran jasa ini.

4.  Promotion : unsur dalam bauran pemasaran jasa yang sangat penting dalam membantu  memperkenalkan produk jasa yang akan dipasarkan kepada konsumen. Promotion (promosi) mencangkup hal-hal seperti periklanan melalui media cetak maupun media elektronik, promosi penjulan contohnya seperti memberikan diskon kepada konsumen, penjualan personal, word of   mounth serta hubungan masyarakat.

5.  People : keberhasilan dari suatu pemasaran jasa tergantung pada sumber daya manusia yang ada dalam produk jasa yang dipasarkan. Orang-orang yang terlibat dalam bauran pemasaran jasa terdiri dari :
a.   Contactor : orang yang berhubungan langsung kepada para konsumen
b.   Modifier : orang yang sering berhubungan dengan para konsumen namun ia tidak secara langsung bertemu       kepada para konsumen
c.    Influencer : orang yang terlibat dalam unsur yang ada di bauran pemasaran jasa namun ia tidak berinteraksi langsung kepada para pelanggan
d.   Insolated : orang yang tidak terlibat dalam unsur bauran pemasaran jasa dan tidak pernah berinteraksi    langsung kepada para pelanggan.
Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul serta berkualitas perlu diadakan seleksi, pelatihan, motivasi serta sumber daya yang baik.

6.    Process : gabungan dari semua aktifitas dalam bauran pemasaran jasa. Aktifitas-aktifitas tersebut meliputi prosedur, jadwal pekerjaaan, mekanisme, dll. Process dibedakan menjadi 2 yaitu keragaman yang berhubungan dengan adanya perubahan dari langkah-langkah yang ditetapkan dan kompleksitas yang berhubungan dengan langkah-langkah dan tahapan proses.

7.  Costumer Service : layanan konsumen yang meliputi aktivitas untuk memberikan kegunaan  waktu dan tempat termasuk juga pelayanan pratransaksi, saat transaksi dan paska transaksi. Terdapat empat (4) langkah dalam menyusun strategi layanan konsumen, antara lain :
a.      Mengidentifikasi layanan jasa
b.      Menetapkan tujuan layanan jasa
c.       Menetapkan strategi layanan jasa
d.      Mengimplementasikannya
Layanan kepada konsumen diberikan untuk memberikan kepuasan pada suatu produk jasa yang kita pasarkan. Apabila konsumen puas dengan jasa yang kita berikan maka perusahaan pun akan mendapatkan laba/keuntungan.

Terakhir, membahas mengenai Penerapan bauran pemasaran jasa Perguruan Tinggi. Hal-hal yang harus dilakukan dalam penerapan baurab pemasaran jasa perguruan tinggi adalah (1) merancang program pendidikan, (2) strategi produk jasa perguruan tinggi, (3) strategi penentuan harga, (4) strategi promosi dan komunikasi perguruan tinggi, (5) strategi sumber daya manusia dan pengelolaan perguruan tinggi.

1 komentar:

  1. Artikelnya Baguss....
    Pada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
    Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI

    BalasHapus